Sabtu, 10 Agustus 2013

PERLENGKAPAN SKATEBOARD BESERTA FUNGSI NYA



hello guys & girls, skateboard is a lot of fun, tapi untuk mencapai "Fun" nya itu membutuhkan banyak perjuangan dan pengorbanan baik fisik, waktu, maupun materi. karena skateboard bukanlah olahraga yang murah, melainkan membutuhkan peralatan yang harganya pun cukup mahal.
sebuah papan skate standar bisa menelan biaya sekitar 700-800 ribu, namun dengan sesifikasi yang seminim mungkin. untuk sebuah papan skate yang bisa dikatakan "Pro" bisa menelan biaya sampai dua kali lipat nya harga yang standar.
namun kamu semua gak perlu khawatir dengan mahalnya harga skateboard, karena tanpa punya papan skate sekalipun kamu tetap masih bisa bermain skateboard dengan cara meminjam punya temen kamu. saran dari hellnone sih kamu mendingan coba buat nyicil beli perlengkapan skateboard kalau kamu emang belum mampu membeli completed skateboard, beli setiap parts nya satu persatu setiap bulan, dengan begitu dalam 6-7 bulan kamu udah punya skateboard kamu sendiri.
berikut parts dari skateboard yang bisa kamu cicil satu persatu dan kemudian di rakit :




1. Deck/Papan Skate


deck atau papan skate merupakan alat utama pada permainan skateboard,berfungsi sebagai pijakan seorang rider dan digunakan untuk melakukan berbagai macam trick.
deck memiliki berbagai macam ukuran,dari yang kecil hingga yang lebar dan panjang,ukuranya dituliskan dengan angka ex: 7.3,7.5 dst. deck juga memiliki berbagai macam jenis, ada yang tail nya lebih pendek dari nose nya, ada yang seimbang antara nose dan tail nya dan ada yang datar.
selain itu deck pun memiliki berbagai macam design gambar, mulai dari sekedar tulisan hingga sebuah graphic yang detail. harga untuk sebuah papan skate standar sekitar Rp. 375.000 - Rp. 850.000
tips: pilih lah deck sesuai dengan ukuran yang cocok dengan proporsi tubuh kamu, jangan hanya melihat dari design gambarnya saja.




2. Wheels/roda

Wheels atau roda dalam skateboarding memiliki fungsi yang sama dengan roda yang ada pada motor maupun mobil, fungsi utama nya adalah untuk membantu berjalan. yah you know lah fungsi sebuah roda kayak gimana. roda dalam skateboard ada empat buah sebagai penopang papan skate dan membantu papan skate agar bisa menggelinding, model dan ukurannya pun bervariasi. bahan pembuatan untuk roda skateboard terbuat dari polyurethane yang sudah terbukti kuat dan bisa meredam tekanan dari tubuh para riders. harga untuk satu set roda (4 buah tanpa bearing) sekitar Rp. 200.000- Rp. 400.000







3. Trucks
Trucks merupakan besi penyangga papan skate dan berfungsi pula sebagai poros dari putaran roda. peran trucks dalam skateboard sangatlah penting, selain sebagai penopang papan dan poros putaran roda, trucks juga bisa digunakan untuk melakukan berbagai macam trick seperti '50-50 grind', 'crocked grind', 'nose grind', 'five-O', dan lain sebagainya. untuk harga sebuah trucks bervariasi, mulai dari Rp.250.000- Rp.600.000, itu tergantung dari merk, model dan bahan yang digunakan.






4. Griptape
griptape merupakan sebuah alas pada papan skate, fungsi nya untuk merekatkan kaki/sepatu pada papan skate, agar pada saat melakukan trick papan pun ikut terangkat oleh sepatu. griptape memiliki permukaan yang kasar (mirip amplas), yang ditujukan untuk memberikan Grip/cengkraman pada sepatu para riders agar tidak licin dan memudahkan dalam melakukan trick. harga selembar Griptape bervariasi mulai dari Rp. 40.000-Rp. 130.000 tergantung merk dan tingkat kekasaran.
tips : jangan melakukan trick lompatan pada papan skate yang ber-griptape tanpa menggunakan sepatu
.




5. Bearings
Bearings adalah pemutar roda, sebuah roda tanpa ada bearing tidak bisa bersandar dan berputar pada trucks, selain itu bearings pun memiliki bermacam tingkat kecepatan, dituliskan dalam ukuran abec, mulai dari abec 3, sedang, abec 5, sedang, dan abec 7 cepat. semakin tinggi angkanya maka semakin licin dan cepat juga perputaran bearings pada roda. dalam satu roda membutuhkan 2 buah bearings, maka dalam satu set papan skate membutuhkan 8 buah bearings. harga satu set bearings sekitar Rp. 150.000-Rp.250.000.
tips : bearings motor pun bisa digunakan untuk roda skateboard asalkan ukurannya sama, dan harganya pun tentu lebih murah dibandingkan harga bearings yang sudah berlogo.







6. Bushing

Bushing adalah sebuah karet keras yang berfungsi sebagai penopang trucks, berfungsi pula sebagai pegas dan peredam tekanan pada trucks sehingga membuat trucks tidak mudah rusak, seperti terlihat di gambar terdapat berbagai macam bentuk bushing, itu tergantung dari bagaimana bentuk trucks yang kita miliki. bushing juga bisa di fungsikan untuk membuat jarak papan dengan roda dan tanah menjadi tinggi atau rendah. harga sebuah bushing sangat bervariasi, mulai dari sekitar Rp. 60.000-Rp. 150.000.
tips : utamakan kenyamanan, pilihlah bushing yang sesuai dengan karakter permainan skateboard kamu.






7. Riser Pad


Riser Pad berfungsi sebagai peredam tekanan antara trucks dan papan, sehingga tidak menimbulkan kerusakan atau keretakan pada papan yang diakibatkan tekanan antara trucks dan papan. tidak semua riders menggunakan Riser pad, ini tergantung dari kenyamanan dan cara bermain si rider tersebut, jadi Riser pad tidak mutlak ada dalam papan skate. harga mulai dai Rp. 30.000-Rp.90.000
tips : untuk pemula dan yang bermodal pas-pasan disarankan menggunakan Riser pad, untuk menghindari terjadinya kerusakan dini pada papan skate.


itulah beberapa items untuk merakit sebuah skateboard, kamu bisa survey dan menghitung seberapa banyak uang yang diperlukan untuk memiliki sebuah skateboard, kalaupun dana terbatas cobalah untuk menabung dan membeli setiap parts satu persatu dengan cara di cicil. ga usah keburu-buru untuk membeli sebuah papan skate sampe harus berkorban gak makan dan gak ngapel....


1 komentar:

  1. inget men, apapun olahraga yang kita lakukan itu ada resikonya

    BalasHapus